Quality Policy [Kebijakan Mutu]

Seperti kita ketahui, setiap perusahaan yang akan menerapkan TS16949 harus menentukan Kebijakan Mutu terlebih dulu. Kebijakan Mutu berisi pernyataan atau kebijakan mengenai mutu yang ingin dicapai bersama. Kebijakan Mutu harus mencerminkan cita-cita atau sasaran perusahaan, dan dapat memuaskan customer.

Berikut ini contoh Kebijakan Mutu : 
1. Kualitas nomor satu.
2. Biaya yang bersaing
3. Pengiriman tepat waktu
 
Setiap karyawan, baik operator, line leader, supervisor, bahkan sampai direktur, harus memahami Kebijakan Mutu masing-masing perusahaan. Memahami Kebijakan Mutu artinya :
  • Dapat menyebutkan Kebijakan Mutu dengan benar, terutama bila ditanya oleh auditor, baik auditor internal maupun dari luar.
  • Dapat menyebutkan peranan, kontribusi atau sumbangsih masing-masing bagian dalam mencapai Kebijakan Mutu tersebut.  
Misalnya untuk bagian Produksi dan QA, sumbangsih terpenting adalah selalu bekerja sesuai dengan prosedur dan tidak membuat atau meloloskan barang defect. Contoh peranan PPC adalah dengan membuat jadwal produksi yang dapat memenuhi order customer. Sedangkan untuk pembelian adalah dengan memastikan material tersedia tepat waktu sehingga proses produksi dan pengiriman dapat tepat waktu.
Untuk bagian Design Engineering, misalnya memastikan spesifikasi produk sesuai spesifikasi customer dan dapat digunakan/dibaca dengan mudah. Dengan contoh-contoh ini, tentunya bagian yang lain dapat menyebutkan peranan masing-masing dalam menunjang suksesnya Kebijakan Mutu.
Kebijakan Mutu dan peranan tiap karyawan atau bagian, merupakan salah satu hal yang akan ditanyakan oleh auditor terutama pada saat pertama kali diaudit TS16949 dan periode audit 3 tahunan (3 years life cycle).  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s