Kupas buku Manual TS16949

Tujuan dari ISO/TS 16949:2002 (TS) adalah continual improvement yang menekankan defect prevention daripada defect detection, dan mengurangi variasi dan waste dalam rantai suplai (buku TS hlm xii).
Untuk mencapai tujuan tersebut, ada 4 buku TS yang dijadikan panduan implementasi, yaitu TS quality management system yang memuat semua requirement, IATF Guidance yang memuat panduan umum setiap elemen, Quality System Assessment Checklist untuk internal audit, dan Certification Scheme yaitu panduan untuk mengajukan sertifikasi. Buku utama yang memuat semua requirement dan wajib dibaca adalah ISO/TS 16949 Quality Management System.
Berbeda dengan QS9000, pada TS16949 istilah rantai suplai menjadi:
CUSTOMER –> ORGANIZATION –> SUPPLIER
jadi “Organization” di buku TS adalah organisasi yang ingin menerapkan TS, dan “supplier” adalah pemasoknya.
“Shall” berarti wajib. “Should” merupakan rekomendasi, dan “note” adalah panduan dalam mengerti requirement. Tulisan dalam kotak merupakan teks ISO 9001:2000. Tulisan di luar kotak merupakan teks ISO/TS 16949.
Introduction TS16949 (hlm ix – xii)
Poin terpenting adalah process approach atau business process. Bahwa semua proses diawali dari customer dan diakhiri pula di customer. Setiap proses saling terkait satu dan lainnya. Penjelasan business process akan dikupas di artikel lain.  
Scope TS16949 (hlm 1-2)
Satu-satunya elemen yang boleh tidak diterapkan (not applicable) adalah elemen 7.3 mengenai desain produk. Elemen lain harus diterapkan kecuali memang tidak ada, misalnya appearance items (hlm 29). Pastikan bahwa penerapan termasuk implementasi di pabrik maupun remote location.
Term & Definition TS16949 (hlm 2-3)
Definisi beberapa istilah di bagian ini untuk memperjelas ruang lingkup dan dapat digunakan untuk definisi pada prosedur.
Quality management system (hlm 3-32)
Bagian ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi, dan dibagi dalam 5 elemen besar, yaitu:
1. Elemen 4. Quality Management System
Elemen ini meliputi quality manual, document control dan quality record.
2. Elemen 5. Management Responsibility
Elemen ini meliputi data performance perusahaan, management review, responsibility dan authority di setiap bagian terkait.
3. Elemen 6. Resources Management
Elemen ini meliputi human resource, training, infrastruktur dan lingkungan kerja (termasuk 5S).
4. Elemen 7. Product Realization
Elemen ini mencakup seluruh proses manufaktur, dari terima order customer sampai pengiriman produk, termasuk APQP dan PPAP.
5. Elemen 8. Measurement, analysis & improvement
Elemen ini meliputi penggunaan teknik statistik, internal audit, control of nonconforming product, corrective & preventive action, termasuk continual imrpovement.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s