Contoh Kuiz Psikologi untuk mengukur tingkat Stres

Baju-baju kotor mulai menumpuk. Anda benar-benar harus mencucinya hari ini. Ketika melihat ke langit luas, Anda mendapati awan gelap di sana sini, pertanda akan hujan. Apa yang terlintas di pikiran Anda ? Cobalah jujur dan pilih salah satu jawaban berikut.

  1. Oh tidak, kau pasti bercanda! Maksudmu aku harus menunggu sampai besok? Apa yang akan aku pakai?
  2. Tunggu saja sebentar dan lihat apakah cuaca akan cerah.
  3. Yah, aku rasa tidak harus mencuci hari ini.
  4. Aku akan tetap mencuci biarpun hujan atau tidak.

Ini adalah contoh nyata stres kecil yang biasa dihadapi dalam kehidupan. Jawaban Anda menunjukkan ukuran stres yang dirasakan dalam kehidupan. Berikut ini penjelasan dari setiap jawaban diatas.

  1. Tingkat stres : 80%. Anda membiarkan hal-hal kecil yang buruk mempengaruhi Anda. Gangguan kecil saja dapat membuat Anda kesal seharian. Sudah saatnya bersantai sebelum hal itu mempengaruhi kesehatan Anda.
  2. Tingkat stres : 50%. Anda cukup seimbang dalam menghadapi stres. Ketika ada yang tidak berjalan seperti yang direncanakan, Anda dapat tetap tenang dan menyelesaikan masalah. Ingat, tidak semua stres itu buruk, biarkan stres memotivasi Anda dalam hidup.
  3. Tingkat stres : 0%. Anda tidak membiarkan masalah kecil mengganggu hidup Anda. Tidak ada alasan untuk kuatir. Toh Anda tidak dapat menghentikan hujan dengan mengkhawatirkannya.
  4. Tingkat stres ” hampir 100% . Anda merasakan stres yang tinggi dalam hidup sehingga mengabaikan kenyataan dan berusaha mencapai hal yang mustahil. Ketika gagal, Anda justru menghadapi lebih banyak stres. Jangan terlalu tegang, memakai kaos kaki yang sama sehari lagi tidak akan membunuh Anda.

Jadi berapa tingkat stres Anda ?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s