Penerapan 5S di tempat kerja

 5S adalah suatu metode pemeliharaan lingkungan agar rapi, bersih dan teratur. 5S yang berasal dari bahasa Jepang, seringkali disingkat menjadi 5R dalam bahasa Indonesia, meski ada beberapa perusahaan yang tetap menjadikannya sebagai “5S” dengan bahasa Indonesia.

No. 5S (Jepang) 5S (Indonesia) Arti
1 Seiri Sortir / Ringkas Menyortir atau memisahkan barang yang diperlukan dan yang tidak diperlukan.
2 Seiton Susun / Rapi Menyusun barang sesuai tempatnya.
3 Seiso Sapu / Resik Membersihkan area kerja.
4 Seiketsu Standarisasi / Rawat Menjadikan tempat kerja yang sudah rapi dan bersih sebagai standar yang harus dijaga dan pelihara.
5 Shitsuke Swadisiplin / Rajin Menjadikan 5S sebagai disiplin kerja.

Untuk menerapkan konsep 5S, kita harus memusatkan perhatian pada unsur “ Shitsuke ” yang yang menopang ke-4 unsur lainnya. Penanaman unsur “Shitsuke ” merupakan point yang sangat penting.  

Perhatikanlah grafik siklus kontrol di bawah ini. Sangatlah penting bagi siklus kontrol untuk mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Demikian juga dengan pilar “Shitsuke ” yang harus mengalami peningkatan bersamaan dengan peningkatan kualitas aktivitas 5S. 4S yang terdiri dari “Seiri ”, “Seiton ”, “Seiso ” dan “Seiketsu ” merupakan unsur yang kita terapkan terhadap barang/masalah tertentu sebagai objek. Lain halnya dengan “Shitsuke ” yang merupakan unsur yang diterapkan pada diri kita sendiri. Karena itu, “Shitsuke ” bukan merupakan faktor bawaan alamiah dari dalam diri kita sendiri, melainkan hal yang harus diajarkan agar bisa diterapkan. Oleh karenanya penerapan unsur “Shitsuke ” terhadap  karyawan juga berbeda-beda, disesuaikan dengan sifat, cara berpikir, kemampuan kerja, dan berbagai faktor lain masing-masing orang.  

Perlu diingat bahwa tujuan penerapan 5S adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien sehingga dapat mendukung tercapainya hasil kerja yang optimal. Mengingat dasar diatas dan tujuan dari 5S, maka penerapan 5S dapat dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:

5S /  5T TAHAP I TAHAP II TAHAP III
BASIC
INTERMEDIATE
ADVANCED
TAHAP PERSIAPAN PEMBUDAYAAN 5S  (5S YANG EFEKTIF) PENERAPAN 5S TINGKAT LANJUT.
PERSIAPAN MEREKAM KEADAAN SEKARANG MEMOTRET PENAMPILAN BARU DI TEMPAT KERJA MENGEVALUASI  PABRIK YANG TELAH MEMBUDAYAKAN 5S

7 thoughts on “Penerapan 5S di tempat kerja

  1. Terima kasih artikelnya, mbak Cisca.
    saya baru lihat sekarang, tapi menurut saya artikel tsb selalu berlaku untuk kapan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s