Johari Window

Johari Window adalah alat bantu psikologis kognitif yang dibuat oleh Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955 di Amerika Serikat. Tujuannya untuk membantu sesorang agar lebih mengerti komunikasi dan hubungan interpersonalnya. Biasanya alat ini digunakan pada latihan kelompok tertentu atau juga korporasi tertentu sebagai metode untuk memecahkan masalah informal atau masalah yang tersembunyi.

Johari Window dibagi menjadi 4 kwadran. Pada saat kita melakukan latihan ini, kita diminta memilih 5-6 sifat dari sekitar 55 sifat yang disediakan, yang kita anggap mewakili kepribadian kita. Kemudian kita meminta teman kita untuk melakukan hal yang sama, yaitu memilih 5-6 sifat yang menurut dia mewakili sifat kita. Kemudian sifat-sifat tersebut diplot dalam Jendela Johari.  

  • ARENA : Sifat yang dipilih baik oleh diri sendiri dan orang lain. [Hambatan yang orang lain peduli]
  • FAÇADE : Sifat yang dipilih sendiri dan tidak dipilih oleh orang lain. [Orang lain tidak peduli. Terserah apakah kita mau mengatasi atau tidak]
  • BLIND SPOT : Sifat yang dipilih oleh orang lain. [Sifat yang kita tidak peduli. Terserah apakah orang lain mau memberitahu atau tidak]
  • UNKNOWN : Sifat yang tidak dipilih baik oleh diri sendiri maupun orang lain. [Sifat yang tidak dikenal orang lain. Bisa karena memang tidak ada atau tidak tampak].

Jadi, yang manakah kategori Anda ??

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s