Kalibrasi Alat Ukur sebelum digunakan

caliper-gage-blockBeberapa kali saya ditanya oleh beberapa orang, apakah alat ukur yang baru dibeli harus dikalibrasi terlebih dahulu sebelum dipakai. Pada umumnya orang beranggapan bahwa alat ukur yang baru dibeli, apalagi bila dibeli dari pabrik terpercaya di luar negeri, tidak perlu dikalibrasi karena pasti sudah akurat.

Pertanyaan berikutnya yang sering dilontarkan adalah bagaimana kalau pabrik pembuat alat ukur tersebut sudah memberikan surat keterangan semacam hasil kalibrasi alat ketika selesai diproduksi ? Apakah sertifikat ini masih diragukan? Ini perusahaan besar yang sudah terkenal ketelitiannya lho..!! Masa kita lebih percaya hasil kalibrasi perusahaan kecil di daerah Tangerang? Lanjutkan ke page 2.

11 thoughts on “Kalibrasi Alat Ukur sebelum digunakan

    • Kalau kalibrasi standarnya harus dengan autocolimator, tapi bisa saja dengan verifikasi dan mengacu pada ISO dgn prosedur simple. dimana sifatnya hanya verifikasi , yg dikalibrasi hanya sensitivitas levelnya saja.

  1. Bos, minta info cara verifikasi alat dari Master yg sudah di Kalibrasi dengan alat yg belum di Kalibrasi dan berapa standart(toleransi) hasil dari verifikasi. Saya ada 5 macam alat, tp saya bingung karena tidak ada buku manualnya. Alat : 1. Jangka Sorong, 2. Penyiku (Mistar Siku), 3. Meteran 7.5m, 4. Waterpass, 5. Micro test. Thanks Bos. Kalau ada tolong di email ke saya bos.

    • toleransi untuk alat alat yg disampaikan bisa refer ke JIS, contoh untuk caliper dan micrometer dimana jika caliper mengacu keJIS B 7507 atau micromrter ke JIS B 7502 tahun 94, disana ada toleransi yg diijinkan tergantung kapasitas alatnya, jadi harus tau kapasitas dahulu .

  2. Bos, minta info cara verifikasi alat dari Master yg sudah di Kalibrasi dengan alat yg belum di Kalibrasi dan berapa standart(toleransi) hasil dari verifikasi. Saya ada 5 macam alat, tp saya bingung karena tidak ada buku manualnya. Alat : 1. Jangka Sorong, 2. Penyiku (Mistar Siku), 3. Meteran 7.5m, 4. Waterpass, 5. Micro test. Thanks Bos. Kalau ada tolong di email ke saya bos.

  3. apa yang simaksud dengan JIS atau DINdan ada informasi apa saja di dalamnya? Jika ada contohnya tolong kirim ke email saya. thank’s be4.

  4. apa yang dimaksud dengan JIS atau DIN dan ada informasi apa saja di dalamnya? Jika ada contohnya tolong kirim ke email saya. thank’s be4.

    • JIS = Japan International Standard. DIN = Standar Jerman, singkatannya daam bhs jerman. Di dalamnya ada cara kalibrasi dan alat apa saja yg dipakai utk mengkalibrasi, simpangan, acceptance criteria, dll. Saya tdk punya contoh softcopy nya. Bisa cek di perpustakaan umum seperti LIPI atau minta dikirimkan badan kalibrasi.

Leave a Reply

